Breaking News

AQSA: Bimbel Agama, Al-Quran, dan Bahasa

aqsa 1  Di suatu ruangan di PUSDAI terlihat beberapa anak sedang beraktivitas, ada yang duduk di kursi dan ada yang bersantai di atas karpet. Mereka sedang asyik belajar menghafal surah-surah pendek dan doa-doa yang dibimbing oleh seorang ustadz. Metoda belajar serius tapi santai dan akrab, yang berbeda dengan yang biasa dilaksanakan secara rutin di sekolah, menjadikan anak-anak lebih menyukai dan materi lebih mudah diterima.

Di satu ruang yang lain, seorang bapak paruh baya sedang membaca sebuah surah pendek dalam Al-Quran, bacaannya terdengar tertatih-tatih, baik dalam menyebutkan huruf-hurufnya maupun panjang-pendek bacaannya. Namun sang ustadz dengan telaten membimbingnya. Ternyata, beberapa waktu berselang beliau sudah lancar dalam membaca Al-Quran. Demikian pula permasalahan agama yang sebelumnya mengganjal pikirannya, sambil diskusi dengan ustad yang membimbingnya, akhirnya permasalahan tersebut dapat terselesaikan.

Demikian sekilas kegiatan bimbel yang dilaksanakan AQSA PUSDAI. Menurut pengurus AQSA, selain untuk meningkatkan pengetahuan agama melalui belajar BTAQ (baca tulis Al-Quran) seperti di atas, banyak pelajar yang mengikuti bimbel AQSA untuk dapat memasuki suatu lembaga pendidikan tertentu. Seperti yang selama ini sering dilaksanakan di bimbel AQSA, beberapa pelajar mengikuti bimbel bahasa Arab atau BTAQ, untuk mempersiapkan diri masuk pendidikan di Gontor atau kuliah di Mesir.

Alhamdulillah, setelah mengikuti bimbel AQSA kesemuanya dapat diterima di lembaga pendidikan tersebut, walaupun bimbel AQSA bukanlah satu-satunya yang menentukan.

Beberapa peserta yang lain mengikuti bimbel bahasa Arab di AQSA untuk mempersiapkan diri bekerja di Timur Tengah atau untuk pergi haji ke Tanah Suci. Hal yang menarik lainnya, bimbel AQSA telah meluluskan para ustadz dan ustadzah untuk meningkatkan kualitas ilmu pengetahuannya dengan mengikuti TFT (training for trainer) sistem pembelajaran BTAQ metode Al-Barqy.

Apakah bimbel AQSA itu? AQSA merupakan singkatan dari Agama, Qur’an, dan Bahasa, jadi bimbel AQSA adalah bimbel yang dilaksanakan di PUSDAI untuk memberikaqsa 2an layanan kepada masyarakat, baik anak-anak, pelajar, dewasa, dan orang tua maupun para guru/ustadz/ustadzah, untuk meningkatkan kualitasnya di dalam pengetahuan agama, baca tulis Al-Quran dan kemampuan berbahasa Arab atau bahasa Inggris.

Beberapa program Bimbel AQSA, antara lain:

  1. Program Baca Tulis Al-Quran, meliputi: Al-Barqy (tingkat pemula), Tahsin (tingkat lanjutan/perbaikan bacaan), Qira’at (seni baca Al-Quran) dan Tahfizh (hafalan Al-Quran).
  2. Program Bahasa, meliputi: Bahasa Arab Al-Quran (Quantum Arabic), Bahasa Arab Percakapan, General English, Conversation Class, dan Business English.
  3. Program Belajar Agama: Islam for Beginner (mualaf & umum), Studi Islam Intensif, ilmu-ilmu khusus (waris, pengurusan jenazah, dll.), serta untuk menunjang program BTAQ dan program Bahasa.

aqsa 4Kegiatan-kegiatan di Bimbel AQSA tersebut dapat diikuti secara regular (kelas/kelompok) atau privat (mandiri/perorangan), yang dilaksanakan pada pagi hari (antara pukul 08.00-11.30), siang hari/bakda Zhuhur (pukul 13.00-15.00) dan sore/bakda ‘Ashr (pukul 15.30-17.00) atau sesuai kesepakatan (untuk yang privat).

Apakah Anda berminat? Ingin mengikutkan putra-putri Anda belajar di bimbel AQSA? Silakan datang ke bimbel AQSA PUSDAI di Ruang Bukhari Muslim/Unit-Unit Aktivitas Lantai II (di atas Ruang Zaid bin Tsabit/Administrasi Umum) Pusdai Jawa Barat, telepon 022-7217531.

Pastinya kita menginginkan anak-anak kita, ya cerdas, ya shaleh….[](Tf)

Check Also

SHALAT ‘ID dengan Nuansa Rekreasi

Pagi itu, 1 Syawal, seluruh umat Islam keluar rumah menuju ke masjid atau lapangan untuk ...

Semarak Ramadhan 1436 H: Tiada Hari Tanpa Taklim & Menyimak Al-Quran

Hampir sepertiga Ramadhan telah kita lalui, dan mudah-mudahan amal ibadah yang sudah kita laksanakan dapat ...

2 comments

  1. Mochammad Putrawan Agfariansyah

    Assalamualaikum

    Maaf apakah dipungut biaya utk majelis ini ?

    • Ada Yang berbayar dan ada juga yg free untuk informasi lebih lanjut bisa contact ke 7217531 atau datang langsung ke Aqsa pusdai jalan dipenogoro no 63 bandung.. terima kasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published.