Breaking News

Baitul Maal Peduli Umat PUSDAI

Untitled-004“Mendayagunakan Dana Umat untuk Menyejahterakan Mustahik”

Jika bencana melanda tanah air, seperti tsunami di Aceh (2004), gempa bumi di Yogyakarta (2006), gempa bumi Tasikmalaya/Bandung Selatan (2009), hingga musibah banjir Karawang (2013), Subang (awal 2014), dan Bandung Selatan (akhir 2014), PUSDAI melalui Program Peduli Bencana Alam selalu berusaha untuk turut aktif membantu dengan menyalurkan bantuan ke daerah-daerah bencana.

Misalnya, ketika gempa bumi Bandung Selatan, PUSDAI Peduli Bencana Alam, selain mengirimkan kebutuhan pokok sesaat setelah terjadinya gempa, pada minggu kedua setelah gempa, PUSDAI mengirimkan 2 truk bilik bamboo. Hal ini sangat diapresiasi secara positif oleh warga yang menjadi korban, karena saat itu belum ada yang memikirkan perbaikan rumah korban.

Sumbangan-sumbangan yang disalurkan ke tempat bencana tersebut merupakan titipan non-zakat dari masyarakat, yang biasanya ketika ada bencana, masyarakat berbondong-bondong menitipkan bantuannya kepada PUSDAI.

Sebetulnya, program pokoknya adalah perhimpunan (fundraising) dan pendayagunaan dana zakat, infak, shadaqah, dan wakaf (ZISWAK) dari masyarakat. Sejak awal kepengurusan PUSDAI yang diresmikan pada 1998 oleh Gubernur Jawa Barat, pengelolaan ZISWAK di PUSDAI sudah mulai dilaksanakan. Pada 2004 pengeloaan ZISWAK di PUSDAI diberi nama Lumbung Zakat PUSDAI.

Adapun program-program pengelolaan ZISWAK PUSDAI yang telah dilaksanakan, antara lain bantuan pembangunan sarana keagamaan dan fasilitas ibadah, bantuan sumbangan biaya pendidkan, bantuan berobat dan pelayanan kesehatan, operasi katarak, santunan anak yatim, khitanan massal, santunan guru ngaji, santunan disabilitas, pemberdayaan masyarakat, ibnu sabil dan fisabilillah, nikah massal, dan lain-lain.

Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan ZISWAK agar lebih berdaya guna, pada 29 September 2014 berdasarkan SK Nomor 451.7/620/Kep-Yansos kepengurusan pengelolaan ZISWAK PUSDAI dibentuk

kembali, dengan berganti nama menjadi Baitul Maal Peduli Umat (BMPU) PUSDAI.
Visi BMPU PUSDAI adalah menjadi “Lembaga yang terpercaya dalam mengelola dan mendayagunakan dana zakat, infak, shadaqah, wakaf dan dana lainnya dalam rangka memuzakikan mustahik.”

Adapun misi yang diemban, pertama, optimalisasi kualitas pengelolaan dan pendayagunaan ZISWAK yang amanah, profesional, transparan, kreatif, inovatif, dan produktif. Kedua, optimalisasi pelayanan donasi dan pengembangan kemitraan dengan masyarakat, perusahaan, pemerintah, dan lembaga swadaya masyarakat dalam dan luar negeri.

Nilai-nilai operasional dalam BMPU PUSDAI adalah :

  • Responsif; melayani dengan cepat dan tanggap.
  • Musyawarah; melakukan metode partisipatif.
  • Efisien dan efektif; mengoptimalkan sumber daya, tepat target/sasaran.
  • Berkelanjutan; menggunakan pendekatan pemberdayaan komunitas, berinvestasi di masyarakat.
  • Berjejaringan; bekerja bersama dengan siapa pun yang memiliki misi yang sama.
  • Akuntabel; bekerja secara transparan, menghargai keterbukaan publik dalam pelaksanaan kegiatan dan pelaporan keuangan.

Adapun Program Pendayagunaan BMPU PUSDAI meliputi sarana dan fasilitas keagamaan, pendidikan, kesehatan, produktif, kegiatan syiar, sosial, santunan yatim dan dana kemanusiaan. Program lainnya adalah PUSDAI Peduli Bencana Alam.

Alhamdulillah, dengan pengelolaan manajemen BMPU PUSDAI, aktivitas pengelolaan ZISWAK semakin meningkat. Dan agar jangkauan penyebaran pengentasannya semakin luas, dukungan masyarakat adalah tumpuannya. Mudah-mudahan ZISWAK kita dapat menguatkan sendi-sendi kehidupan serta mengangkat harkat dan martabat umat. Amin.[](Tf)

Check Also

AQSA: Bimbel Agama, Al-Quran, dan Bahasa

  Di suatu ruangan di PUSDAI terlihat beberapa anak sedang beraktivitas, ada yang duduk di ...

SHALAT ‘ID dengan Nuansa Rekreasi

Pagi itu, 1 Syawal, seluruh umat Islam keluar rumah menuju ke masjid atau lapangan untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.