Breaking News

SHALAT ‘ID dengan Nuansa Rekreasi

iedPagi itu, 1 Syawal, seluruh umat Islam keluar rumah menuju ke masjid atau lapangan untuk menunailkan Shalat Idul Fitri.
Dari sekian banyak tempat pelaksanaan Shalat Idul Fitri, beberapa di antaranya di lapangan Gasibu di depan Gedung Sate Bandung, di Masjid Raya Jawa Barat kawasan Alun-alun Bandung, dan di Masjid At-Ta’awun Puncak Cianjur-Bogor, serta di Masjid Nurul Qur’an Komplek LPTQ Jawa Barat, yang semuanya di bawah naungan Badan Pengelola Islamic Centre (BPIC) Jawa Barat.

Shalat Idul Fitri di Gasibu

Shalat ‘Id di Lapangan Gasibu dilaksanakan mulai pukul 06.30 WIB. Sejak pagi hari kaum muslimin sudah datang berbondong-bondong ke Gasibu. Ada yang membawa kendaraan pribadi, ada yang yang berjalan kaki, dan ada pula yang naik kendaraan umum. Untuk kendaraan pribadi bisa diparkir di sebelah barat Gasibu atau di sekitar Gedung Sate. Para jamaah memasuki lapangan Gasibu dari arah utara maupun selatan, mereka langsung duduk mengikuti garis saf yang sudah dibuat oleh panitia. Setengah lapangan bagian barat (depan) diperuntukkan laki-laki, sedangkan setengah lapangan bagian timur (belakang) diperuntukkan wanita.

Karena banyaknya jamaah yang datang, selain menempati lapangan Gasibu, jamaah juga meluber hingga ke Jalan Diponegoro di selatan, Jalan Sentot Alibasa di timur dan Jalan Surapati di utara. Para jamaah menempati setengah badan jalan dari ketiga jalan tersebut. Panitia selalu menghimbau agar jamaah selalu menempati saf di depannya yang masih kosong dan merapatkan barisannya, serta tidak membuat barisan sendiri-sendiri di belakang, yang mengakibatkan jamaah yang datang berikutnya susah masuk. Jamaah yang melaksanakan Shalat ‘Id di Gasibu ini diperkirakan mencapai 12.000 orang.

Pelaksanaan Shalat ‘Id didahului dengan pembacaan takbir bersama, dan setelah memasuki waktu yang ditentukan, Shalat ‘Id pun dimulai dan dilanjutkan dengan khutbah ‘Id. Setelah selesai, para jamaah bisa ber-mushâfahah (bersalam-salaman) dengan Gubernur Jawa Barat, Wakil Gubernur, dan para tokoh lainnya. Yang menarik, biasanya sebagian jamaah, terutama yang membawa rombongan keluarga, tidak langsung pulang, tetapi mereka bersilaturahim atau berfoto-foto dulu dengan latar belakang Gedung Sate.

Panitia Pelaksana Shalat ‘Id di Lapangan Gasibu adalah Pengurus Pusdai Jawa Barat. Karena itu, Shalat ‘Id untuk Pusdai dilaksanakan di Gasibu, tidak di Masjid Pusdai, kecuali jika hujan.

Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Jawa Barat

Shalat ‘Id di Masjid Raya juga dimulai pukul 06.30 WIB. Biasanya, para jamaah dari berbagai penjuru kota datang berbondong-bondong ke Masjid Raya. Masjid Raya Jawa Barat yang dulu dikenal sebagai Masjid Agung Bandung merupakan masjid kebanggaan masyarakat Jawa Barat, khususnya warga Bandung, yang letaknya strategis berada di pusat kota serta dikelilingi kawasan bisnis dan permukiman yang sangat padat. Karena itu, Shalat ‘Id di masjid ini selalu dipadati oleh jamaah.
Untitled-1Untuk Shalat ‘Id kali ini diperkirakan jumlah jamaah yang datang ke Masjid Raya akan semakin banyak, karena adanya daya tarik Alun-Alun Bandung yang baru direnovasi dengan hamparan “rumput” hijau yang membentang hingga ke depan masjid. Mereka ingin menikmati Shalat ‘Id di atas hamparan “rumput” tersebut yang dilanjutkan dengan bersilaturahim dan bercengkrama dengan keluarga di hari yang fitri. Pihak DKM Masjid Raya memperkirakan bahwa jamaah Shalat ‘Id kali ini bisa mencapai 15.000 orang.

Shalat Idul Fitri di Masjid At-Ta’awun

Bagi para pemudik atau yang sedang dalam perjalanan yang pada saat pagi di hari Idul Fitri sedang melewati Puncak Cianjur-Bogor, dapat mengikuti Shalat ‘Id di Masjid At-Ta’awun. Sangat disayangkan bila mudik harus mengorbankan meninggalkan Shalat ‘Id, yang meskipun hukumnya sunnah, ada suasana religi spesial yang kita dapatkan. Karena itu, sambil beristirahat saat menempuh perjalanan jauh kita dapat melaksakan Shalat ‘Id di sini.

Setelah selesai shalat kita dapat menikmati pemandangan Puncak, berfoto atau berkuliner ria di area sekitar Masjid At-Ta’awun. Setelah “fresh” kita bisa melanjutkan perjalanan kembali untuk bertemu sanak saudara di kampong halaman.

Shalat Idul Fitri di Masjid Nurul Qur’an LPTQ Jawa Barat

Bagi masyarakat di daerah Karang Pamulang Kecamatan Mandala Jati dan sekitarnya, Anda dapat melaksanakan Shalat ‘Id di Masjid Nurul Qur’an Komplek LPTQ Jawa Barat. Jika Anda berada di sekitar Jalan AH Nasution, tepatnya di depan LAPASS Sukamiskin, Anda mengikuti Shalat ‘Id di sini.

Mudah-mudahan shaum kita diterima oleh Allah Swt. dan menjadi insan yang bertakwa. Segenap Pengurus BPIC Jawa Barat mengucapkan, “Selamat Idul Fitri 1436 H. Taqabalallahu minna wa minkum.”[](Tf)

Check Also

AQSA: Bimbel Agama, Al-Quran, dan Bahasa

  Di suatu ruangan di PUSDAI terlihat beberapa anak sedang beraktivitas, ada yang duduk di ...

Semarak Ramadhan 1436 H: Tiada Hari Tanpa Taklim & Menyimak Al-Quran

Hampir sepertiga Ramadhan telah kita lalui, dan mudah-mudahan amal ibadah yang sudah kita laksanakan dapat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.