Breaking News

Data Teknis

img0pp14Al Quran Mushaf Sundawi dibuat di atas kertas jenis Conqueror Laid, type Ripple Art Special, warna China white, 250 gr, buatan Inggris. Di atas kertas tersebut dengan prinsip pembagian bidang Golden Section dibuat bidang gubahan dengan siluet T. 77,4 cm dan L. 45,6 cm, luas bidang untuk kaligrafi adalah 38,2 X 54,55 cm. Jumlah halaman 763 halaman.

Tinta yang dipergunakan adalah merek DR. Ph. Martin’S, Black Star (buatan Amerika) untuk khat, dan cat akrilik Winsor & Newton (buatan Inggris) untuk iluminasinya. Sedangkan untuk emas murni terdapat dua jenis yaitu emas serbuk dan lembaran (prada) masing – masing buatan Jepang dan Taiwan.

Pembuatan Al Qur’an Mushaf Sundawi menghabiskan 24.000 ml tinta warna dan 5.000 ml tinta hitam serta 1500 grain prada dan 1000 gram emas murni serbuk, ratusan batang handam, 750 batang kwas, 350 pinsil dan 25 dus (12, penghapus. Penggubahan outline motif iluminasi dibantu dengan dua perangkat lengkap komputer grafik, agar motif dihasilkan lebih halus, teratur, presisi dan menghemat waktu.

Meja gambar dan meja kaligrafi didesain dan dipesan khusus disesuaikan dengan ukuran kertas dan standard tubuh Indonesia ( ergonomic ), dan peralatan lainnya untuk mengurangi resiko kelelahan dan rusaknya kertas mushaf dari kemungkinan. Untuk proses selanjutnya, panitia memandang perlu membuat studio screen print dengan fasilitas ler yang screennya dipesan secara khusus pula.

Seperti lazimnya suatu Mushaf, apabila seluruh lembaran sudah selesai, tidak akan dijilid melainkan ditempatkan pad dengan rancangan khusus yang serasi dengan konsep perwajahan Al Qur’an Mushaf Sundawi.