Breaking News

BMPU

2014-12-23_105706BMPU adalah  Salahsatu Unit dipusdai yang bergerak di bidang penghimpunan  dan PENDAYAGUNAAN dana zakat, Infaq, shadaqah dan wakaf (ZISWAF). Didirikan 29 September 2014, dengan SK Nomor : 451.7/620/Kep-Yansos Oleh kepala biro pelayanan sosial dasar selaku kepala BPIC jabar BMPU merupakan bagian dari pusdai yg berada dalam naungan Badan Pengelola Islamic Centre (BPIC) Jabar dengan tekad menjadi LAZ yang Amanah, Profesional dan Jujur berlandaskan pada Ukhuwah Islamiyah guna membangun masyarakat sejahtera dengan zakat yang berdaya guna berdasarkan al-Qur’an dan al-Sunnah.

Pembentukan Pelaksana Baitul Maal Peduli Umat (BMPU) Pusdai Jabar adalah sebagai jawaban terhadap fakta kebutuhan sarana prasarana dan penanganan bencana.

Seiring dengan hal tersebut, jawa barat yang penduduknya mayoritas muslim dan masih kuat memegang prinsip-prinsip agama, memiliki potensi berzakat, infak, shadaqah, wakaf dan dana lainnya yang terbilang cukup tinggi. Namun, potensi yang besar tersebut belum terkelola dan didayagunakan secara maksimal sehingga belum memberi dampak yang signifikan bagi penyelesaian masalah yang ada.

Kecenderungan masyarakat mendistribusikan dana zakat, infak dan shadaqah serta dana lainnya secara langsung kepada penerimanya secara empiris belum dapat mengeluarkan dhu’afa dari kemiskinannya secara efektif, bahkan terkesan seakan kemiskinan terpelihara. Apa yang menjadi maqashid al-syari’ah dari zakat belum terwujud secara maksimal karena belum terorganisir, terkelola, terencana dan tersistem dengan baik.

Oleh sebab itu, pendirian BMPU PUSDAI JABAR dimaksudkan sebagai institusi pengelola zakat, infak, shadaqah, wakaf dan dana dermawan lainnya dengan manajemen modern yang dapat menghantarkan potensi besar ini menjadi bagian dari penyelesai masalah sodial ekonomi.